Sejarah

Sejarah berdirinya SDIT Istiqamah Balikpapan

Adalah suatu realita bahwa hasil pemetaan kami terhadap kondisi dan kualitas dari sekolah-sekolah yang dikelola oleh umat Islam di Balikpapan sampai awal tahun 1997, ternyata masih banyak yang tidak memadai dan jauh dari harapan.
Misalnya saja, bangunan sekolah yang tidak bagus, kurang terurus malah terkesan kumuh serta tampilan guru dan murid yang terlihat kurang rapih dan bersih. Demikian juga kebanyakan dari sekolah itu mempunyai kedisiplinan rendah, tidak terdengar memiliki prestasi apa-apa, baik di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, olahraga, ataupun agama sekalipun.

Hal inilah yang menyadari kami, sekelompok insan pekerja di Balikpapan, baik dari perusahaan minyak maupun dari yayasan keagamaan, terhadap kondisi sekolah serta pendidikan umat Islam. Kemudian kami mencoba menyatukan pandangan dan pikiran untuk membuat kondisi (image) tersebut berubah. Kami galang semua kekuatan umat Islam di Balikpapan untuk merealisasikannya. Kami pancangkan niat untuk mendirikan sekolah  mendirikan sekolah Islam yang bisa merubah image  atau pandangan negatif diatas. Kami juga menyadari masalah utama pendidikan kita bukan kurangnya jumlah sekolah Islam, malah sebenarnya cukup banyak, akan tetapi sangat sedikit sekolah Islam yang bagus dan berkualitas. Kami sangat sadar bahwa sekolah yang bagus dan berkualitas membutuhkan energi dan nafas yang panjang dari para pengurusnya, membutuhkan dana yang tidak sedikit, membutuhkan komitmen yang kuat, membutuhkan pengawasan yang terus menerus, membutuhkan konsep yang jelas dan mudah dilaksanakan. Disamping itu, masalah lainnya yang kami sadari adalah umat Islam sering bersemangat untuk mendirikan sesuatu yang baru, namun tidak banyak yang sadar perlunya ketekunan yang prima untuk mengurus, menjalankan, dan mengelolanya dengan baik dalam kurun waktu yang panjang. Kami juga sadari bahwa pendidikan itu merupakan suatu proses pemberdayaan dan pembudayaan sumber daya manusia yang berkelanjutan. Itulah akhirnya kami sekelompok pekerja dari beberapa perusahaan minyak seperti Vico, Unocal, Pertamina, Total, dan beberapa yayasan di Balikpapan, seperti Yayasan Ar-Rahmah, Fii Sabilillah, Iqra, As-Sulthon, Al-Mukminun, serta Masjid Istiqamah, bersepakat dan berkomitmen untuk mendirikan sekolah yang bagus dan berkualitas bagi semua umat Islam di Balikpapan, bukan untuk suatu golongan atau kelompok tertentu saja.

Kemudian pada hari Sabtu, 29 Syawal 1417 H atau 9 Maret 1997 dibentuklan suatu pengurus/pengelola SDIT Istiqamah dengan ketua pertamanya Bapak Ir. Sunaryo (1997-2000), seorang karyawan Pertamina dengan tugas utama sesegera mungkin mendirikan SDIT dengan menggunakan fasilitas yang ada saat itu, yaitu gedung eks TPI (Taman Pendidikan Islam) Istiqamah yang mempunyai 6 ruang kelas.

Akhirnya pada bulan Juli 1997 berdirilah SDIT pertama di kota Balikpapan. Kami namakan SDIT ISTIQAMAH, yang berlokasi di area Masjid Istiqamah, Jl. Sport, Balikpapan.

Sejalan dengan waktu maka pergantian pengelola SDIT tak terelakkan, sebagai akibat dari perpindahan setiap pegawai perusahaan. Terpilihlah ketua pengelola kedua, yaitu Bapak Ir. H. Bambang H. Soewandi (2000-2004), selanjutnya berturut-turut Bapak Ir. H. M. Iskandar Umar (2004-2008), Ibu Hj. Nani Herminantok, S.E. (2008-2012), Bapak H. Suroto, S.E.,  (2012-2014), dan Ir. H. Bambang H Soewandi (2014-sekarang).

Dibawah ini adalah lembaga-lembaga yang mendirikan SDIT Istiqamah Balikpapan :

1. Masjid Istiqamah :

Ir. H. Sunaryo,

H. Suroto S.E.,

Hj. Nani Herminantoko, S.E.,

KH. Mastur Anwardiny (Alm)

 

2. BDI Total Indonesie :  

Ir. H. M. Iskandar Umar

 

3. BDI Vico :  

Ir. Wahyu,

Wahid Sahal

 

4. BDI Unocal :  

Ir. H. Ahmad Nurhono

 

5. BDI Pertamina :  

Drs. H. Fauzy Baron,

Drs. H. Chusnul Busra

 

6. Yayasan Iqra’ :  

Ir. H. Bambang H. Soewandi

 

7. Yayasan Fii Sabilillah :  

dr. Abdul Hakim,

Dra. Hj. Wahidah,

Sukardi,

Hj. Maryam

 

8. Yayasan Ar-Rahmah :  

H. Tatang Suriadi,

dr. Ali Zaini

 

9. Yayasan Al-Mukminun :  

Sungkawa

 

10. Yayasan As Sulthon :  

Ir. Ady Supratikto

 

Hijrahnya SDIT Istiqamah ke Jl. Syarifuddin Yoes, Balikpapan Selatan

Dalam rangka pengembangan sekolah ke tingkat selanjutnya, sesuai dengan visi 2007 – 2017, dan agar dapat menerima murid lebih banyak lagi, serta rampungnya pembangunan gedung sekolah di lokasi yang baru (di Jl. Syarifuddin Yoes), maka sejak tanggal 3 Januari 2017 SDIT Istiqamah hijrah dari Jl. Sport No. 1 Gn. Dubbs Balikpapan ke Jl. Syarifuddin Yoes No. 1 RT. 41 Kelurahan Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan.

Dengan demikian seluruh guru, murid, karyawan, dan pengurus yayasan juga turut serta hijrah ke lokasi yang baru ini. Kepindahan dan hijrah kami ini juga bertujuan merealisasikan aspirasi orang tua murid dan minat masyarakat Muslim terhadap sekolah Islam yang tetap berkualitas. Selanjutnya sejak tanggal 29 Mei 2017, nama SDIT Istiqamah berubah menjadi “SDIT Istiqamah Balikpapan Selatan”. Dengan Izin Operasional Sekolah (IOS) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Nomor 420/2360/PSD-VI/2017.