Selain kurikulum nasional, SDIT Istiqamah YPAITB juga mengimplementasikan kurikulum lokal sekolah yang menjadi program unggulan di SDIT Istiqamah YPAITB. Kurikulum lokal sekolah tersebut adalah kurikulum Al-Quran.

Sebagai sekolah islam, SDIT Istiqamah mengedepankan pendidikan islam, sesuai dengan Visi sekolah yaitu menghasilkan generasi yang beriman, bertaqwa, berahklak mulia, cerdas dan kuat. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengajarkan peserta didik ilmu membaca Al-Quran dan menghafalkan Al-Quran.

Metode Qiroati merupakan metode pengajaran dan pembelajaran Al-Quran, yang secara langsung (tanpa dieja), secara tartil dan bertajwid. Metode inilah yang digunakan dalam kurikulum Al Quran di SDIT Istiqamah. Keunggulan metode ini adalah penggunaan kalimat sederhana pada setiap tingkatan materi, dimana peserta didik dapat langsung mempraktekkan bacaan-bacaan Al-Quran secara bertajwid. Peserta didik dengan cepat dan singkat mampu membaca Al- Quran secara baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

Dalam kurikulum Al-Quran, peserta didik juga ditarget untuk mampu menghafal 2 Juz yaitu juz 30 dan 29 dalam program Tahfidz Quran. Metode yang digunakan adalah metode Talaqqi. Yaitu cara menghafal Al-Quran yang dilakukan dengan cara memperhatikan dan menirukan bacaan Al-Quran yang disampaikan oleh seorang guru secara langsung (tanpa melihat mushaf). Peserta didik belajar secara langsung pengucapan huruf yang benar. Dengan metode ini, harapannya mampu membuat peserta didik mudah menghafal ayat demi ayat karena sesuai dengan karakteristik usia anak sekolah dasar.

Program UnggulanKurikulum Al-QuranSelain kurikulum nasional, SDIT Istiqamah YPAITB juga mengimplementasikan kurikulum lokal sekolah yang menjadi program unggulan di SDIT Istiqamah YPAITB. Kurikulum lokal sekolah tersebut adalah kurikulum Al-Quran. Sebagai sekolah islam, SDIT Istiqamah mengedepankan pendidikan islam, sesuai dengan Visi sekolah yaitu menghasilkan generasi yang beriman, bertaqwa, berahklak mulia, cerdas dan kuat. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengajarkan peserta didik ilmu membaca Al-Quran dan menghafalkan Al-Quran.Metode Qiroati merupakan metode pengajaran dan pembelajaran Al-Quran, yang secara langsung (tanpa dieja), secara tartil dan bertajwid. Metode inilah yang digunakan dalam kurikulum Al Quran di SDIT Istiqamah. Keunggulan metode ini adalah penggunaan kalimat sederhana pada setiap tingkatan materi, dimana peserta didik dapat langsung mempraktekkan bacaan-bacaan Al-Quran secara bertajwid. Peserta didik dengan cepat dan singkat mampu membaca Al- Quran secara baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.Dalam kurikulum Al-Quran, peserta didik juga ditarget untuk mampu menghafal 2 Juz yaitu juz 30 dan 29 dalam program Tahfidz Quran. Metode yang digunakan adalah metode Talaqqi. Yaitu cara menghafal Al-Quran yang dilakukan dengan cara memperhatikan dan menirukan bacaan Al-Quran yang disampaikan oleh seorang guru secara langsung (tanpa melihat mushaf). Peserta didik belajar secara langsung pengucapan huruf yang benar. Dengan metode ini, harapannya mampu membuat peserta didik mudah menghafal ayat demi ayat karena sesuai dengan karakteristik usia anak sekolah dasar. (FS)Mau seperti ananda Zeihan??. Penasaran dengan belajar Al-Qurannya SDIT Istiqamah?? Yuk, gabung dan jadi shalih shalihah bersama kami ❤#kurikulum #alquran #MetodeTALAQQI #metodeqiroati #tahfidz #HafidzAlQuran #hafidz #hafidzah

Posted by Sdit Istiqamah Ypait Bpn on Tuesday, 6 October 2020

Follow juga akun media sosial kami untuk selalu update informasi tentang sekolah kami :

Instagram SDIT Istiqamah YPAITB : https://instagram.com/sditistiqamah_ypaitb

Facebook SDIT Istiqamah YPAITB : https://www.facebook.com/sditistiqamahypaitb

YouTube SDIT Istiqamah YPAITB : https://www.youtube.com/channel/UCBuKD7_kA2IsBmRvfOlTs9A

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *